Tingkatkan Kompetensi Kader dalam Perlindungan Pekerja Migran, PMII Blitar Gelar PKL II

 

Tingkatkan Kompetensi Kader dalam Perlindungan Pekerja Migran, PMII Blitar Gelar PKL II
(Foto: Dokumentasi PC PMII Blitar) 
Bicara Blitar--Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Blitar menyelenggarakan Pelatihan Kader Lanjut (PKL) II   pada 21 hingga 26 Juli 2024 di Graha Pemuda PMII.

Tema yang diusung pada PKL II ini yaitu “Ijtihad PMII dalam upaya perlindungan pekerja migran Indonesia,” kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kader PMII dalam berbagai aspek, terutama terkait perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI). 

Ketua PC PMII Blitar menyampaikan, pemilihan tema ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus kekerasan yang dialami oleh PMI di luar negeri yang terus ada setiap tahunnya.

"Pemerintah daerah serta pihak terkait harus hadir untuk memberikan langkah antisipasi terhadap PMI yang akan berangkat ke luar negeri. Selain itu harus ada perhatian khusus terhadap keluarga yang berada di rumah" ungkapnya.

Selama kegiatan, peserta mengikuti berbagai sesi yang meliputi ceramah, dialog, resitasi, focus group discussion (FGD), dan general review.

Metode pembelajaran ini dirancang untuk memastikan peserta dapat memahami materi secara mendalam dan aplikatif. Observasi langsung juga menjadi bagian penting dari kegiatan ini.

PKL II PC PMII Blitar diikuti oleh kader PMII dari berbagai komisariat diantaranya berasal dari Blitar, Surabaya, Bojonegoro, dan Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka penuh, memungkinkan interaksi langsung antara narasumber, instruktur, panitia, dan peserta.

Materi pelatihan mencakup strategi pemecahan masalah terkait isu-isu strategis kewilayahan, dengan fokus utama pada perlindungan PMI.

PKL II PC PMII Blitar berhasil memberikan pengalaman belajar yang intensif dan bermakna bagi para peserta, mempersiapkan mereka untuk berperan aktif dalam perlindungan PMI.

Dengan berbagai metode pembelajaran dan kegiatan observasi, peserta diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan nyata, khususnya dalam mendukung PMI di berbagai wilayah.

Lebih baru Lebih lama

Ikuti Kami

Magspot Blogger Template

نموذج الاتصال