Nasi Ampok Khas Blitar: Sajian Klasik yang Tetap Bikin Nagih

 

Nasi Ampok Khas Blitar: Sajian Klasik yang Tetap Bikin Nagih
(Foto: jatim.jadesta)
Bicara Blitar--Halo Dulur! Kalau berkunjung ke Blitar, kurang afdol rasanya kalau belum mencoba kuliner khas yang satu ini yaitu Nasi Ampok Khas Blitar. Makanan sederhana yang terbuat dari jagung ini memang sudah menjadi bagian dari identitas kuliner Blitar.

Meski terkesan sederhana, nasi ampok punya daya tarik yang sulit dilupakan, terutama bagi mereka yang suka makanan tradisional yang kaya rasa.

Nasi ampok adalah nasi jagung yang diolah dari jagung tua atau yang biasa disebut jagung pipil. Proses pengolahannya memerlukan waktu yang tidak singkat. 

Jagung dipilih, dihaluskan, lalu direndam selama kurang lebih 10-12 jam agar teksturnya lebih empuk. Setelah itu, jagung yang sudah menjadi tepung dimasak hingga matang dan siap disantap.

Hasil akhirnya adalah nasi dengan butiran yang lebih besar dibandingkan nasi putih, namun dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang khas.

Meskipun bahan dasarnya berbeda, penyajian nasi ampok tidak jauh berbeda dari nasi putih pada umumnya. Biasanya, nasi ampok disajikan bersama lauk-pauk seperti ikan asin, urap sayur, atau olahan lauk lainnya.

Kombinasi ini menciptakan cita rasa yang unik, gurih, sedikit manis, dan tentu saja, penuh nostalgia.

Kalau kamu penasaran ingin mencicipi nasi ampok, Blitar punya beberapa tempat rekomendasi. Di antaranya:

1. Nasi Ampok Tlumpu - Jl. Ketapang No.30, Tlumpu, Sukorejo.

2. Warung Nasi Ampok - Jl. Imam Bonjol No.22b, Sananwetan.

3. Nasi Ampok Jalan Kalimantan- Jl. Kalimantan No.26, Sananwetan.

4. Warung Nasi Ampok dan Tiwul Kamajaya - Jl. Cemara, Rembang, Sananwetan.

5. Nasi Ampok Sumber Urip - Jl. A Yani, Depan Tiara Swalayan, Sananwetan.

Dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp5.000 per porsi, nasi ampok bisa jadi pilihan kuliner hemat dan memuaskan. Apalagi jika kamu berkunjung ke tempat-tempat wisata di Blitar, nasi ampok ini seringkali dijual di pasar-pasar tradisional atau warung-warung kecil di sekitarnya. 

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi nasi ampok saat singgah di Blitar. Meski sederhana, makanan ini menyimpan rasa dan kenangan yang kaya, seperti kota Blitar itu sendiri.

Lebih baru Lebih lama

Ikuti Kami

Magspot Blogger Template

نموذج الاتصال