Perkuat Destana, Mahasiswa Unisba Blitar Gandeng BPBD Gelar Seminar Mitigasi Kebencanaan di Desa Bacem

Perkuat Destana Mahasiswa Unisba Blitar Gandeng BPBD Gelar Seminar Mitigasi Kebencanaan di Desa Bacem
Mahasiswa KKN Unisba Desa Bacem.
Bicara Blitar--
Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Blitar menggelar Seminar Mitigasi Bencana di Desa Bacem, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Acara yang bertajuk “Penguatan Desa Tanggap Bencana (Destana) Dalam Upaya Menanggulangi Potensi Kebencanaan Desa Bacem” ini digelar Minggu, 10 September 2023 di Balai Desa Bacem, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kelompok Siaga Bencana (KSB) Desa Bacem. Selain itu, hadir pula jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Sutojayan serta perangkat Desa Bacem. 

Upaya Mitigasi 

Koordinator Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Blitar, Muhammad Jamhari bilang, langkah kesiapsiagaan bencana memang harus disiapkan agar penanganannya tepat. Sehingga dapat mengurangi dampak negatif dari bencana alam di Desa Bacem.

"Oleh karena itu, diperlukan sebuah inisiatif yang serius untuk bergerak mengatasi masalah kebencanaan. Melalui adanya Kelompok Siaga Bencana diharapkan menjadi penggerak mitigasi paling utama di desa," ujarnya.
Perkuat Destana Mahasiswa Unisba Blitar Gandeng BPBD Gelar Seminar Mitigasi Kebencanaan di Desa Bacem
Ketua Pelaksana Kegiatan Seminar Penguatan Destana Alex Cahyono.
Senada, Ketua Pelaksana Kegiatan Seminar Penguatan Destana Alex Cahyono bilang, upaya peningkatkan kesadaran masyarakat Desa Bacem terhadap potensi dan resiko kebencanaan sangat penting. Apalagi Desa Bacem punya ancaman bencana banjir yang bisa datang sewaktu-waktu.

"Jadi esensi dari kegiatan seminar hari ini adalah sebagai wujud konkretisasi mahasiswa dalam mengambil peran dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekaligus dapat menumbuhkan nalar kritis dalam merespon situasi-situasi kritis saat bencana terjadi," jelasnya.

Terakhir, Alex mengharapkan kegiatan seminar tersebut dapat membantu desa dalam mengembangkan rencana penanggulangan bencana yang komprehensif, termasuk alur evakuasi, alokasi sumber daya, dan strategi mitigasi di Desa Bacem.
Lebih baru Lebih lama

Ikuti Kami

Magspot Blogger Template

نموذج الاتصال