Melihat Tradisi Syawir dari Ulama di Blitar

Melihat Tradisi Syawir dari Ulama di Kota Blitar
Bicara Blitar--
Banyak cara yang digunakan dalam menyampaikan ilmu. Salah satunya melalui diskusi kitab pesantren yang berisi tentang ajaran agama Islam, atau biasa disebut syawir.

Di  Blitar, salah satu lembaga yang secara rutin menggelar syawir adalah Majelis Syawir, yakni pada setiap malam Jum'at dan Selasa.

Tujuan dari syawir ini sendiri ialah untuk memperkuat keilmuan agama Islam, serta ajaran ahlusunnah waljam'ah.

Kitab yang menjadi bahan kajian juga berbeda ragam dan macamnya. Tergantung tema pembahasan, misalnya kitab Fathul Wahab, Ihya' Ulumuddin, Fathul Mu'in dan Minhajul Abidin.

Pendiri dari majelis ini, Ustadz Taufik mengatakan, syawir ini awal mulanya hanya beranggotakan tiga orang. Kemudian terus berkembang hingga saat ini.

Kini, kata dia, anggota yang mengikuti syawir sudah berjumlah 30 orang, yang terdiri dari masyarakat dan ulama di Blitar.

Sementara itu, salah satu anggota syawir, KH Yusuf menambahkan, kalau kegiatan syawir yang digelar tersebut sudah berjalan selama 10 tahun, tepatnya mulai digelar 2013 lalu.
 
Katib Rais Syuriah PCNU Kota Blitar ini juga mengajak kepada anggota syawir untuk melanjutkan kegiatan tersebut hingga akhir hayat. 

Tak lupa, dia juga mengajak generasi muda yang baru lulus dari pesantren untuk turut serta dalam kegiatan syawir.

Kemudian, salah satu anggota syawir, Ustadz Farid Fauzi mengungkapkan, banyak masalah di masyarakat terutama dalam bidang fiqih yang dicarikan solusinya di forum syawir.

Menurutnya, jangan sampai orang yang tidak pernah mengenyam pendidikan agama Islam, dengan ngawur memberikan solusi yang menyeleweng dari syari'at.

Tulisan ini dibuat: Sabtu, 17 Juni 2023
Lebih baru Lebih lama

Space Iklan

magspot blogger template

Iklan: 0878-5411-6203

Magspot Blogger Template
Magspot Blogger Template

نموذج الاتصال