6 Kecamatan di Kabupaten Blitar Ini, Wilayah Hukumnya Ikut Polres Blitar Kota

6 Kecamatan di Kabupaten Blitar Ini, Wilayah Hukumnya Ikut Polres Blitar Kota
Mapolres Blitar Kota 
Bicara Blitar--
Meski jumlah kecamatan di Kabupaten Blitar sebanyak 22. Namun, perlu diketahui tidak semua kecamatan tersebut berada di wilayah hukum Polres Blitar.

Ada 6 kecamatan di Kabupaten Blitar, wilayah hukumnya berada di bawah Polres Blitar Kota. Sehingga Polres Blitar Kota menaungi 9 Polsek, termasuk 6 di wilayah Kabupaten Blitar.

Secara letak wilayah, keenam kecamatan itu berada di Blitar bagian barat. Memang lokasinya lebih berdekatan dengan Polres Blitar Kota dibandingkan Polres Blitar yang ada di Talun.

Selain itu wilayah kota Blitar yang terdiri dari 3 kecamatan, juga tidak terlalu luas. Meskipun wilayah perkotaan memiliki tingkat penduduk yang lebih tinggi.

Lalu, apa saja keenam kecamatan di Kabupaten Blitar yang wilayah hukumnya mengikuti Pores Blitar Kota, berikut ini daftarnya:

1. Polsek Ponggok

Kecamatan Ponggok merupakan salah satu dari empat kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri. Selain Ponggok juga ada kecamatan Wonadadi, Nglegok, dan Udanawu.

Sebagai wilayah perbatasan, kecamatan tersebut tentu juga harus memerlukan perhatian ekstra dari pihak kepolisian.

2. Polsek Srengat

Dibandingkan lima kecamatan yang lain, Srengat mempunyai bangunan publik yang bersifat strategis lebih banyak. Misalnya ada beberapa bangunan penting di tingkat daerah.

Contohnya, adalah RSUD Srengat yang menjadi rumah sakit daerah kedua setelah RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Selain itu juga ada Kantor Imigrasi yang juga ada di Srengat.

3. Polsek Nglegok

Wilayah ini menjadi perhatian khusus karena keberadaan tambang pasir di aliran sungai lahar Gunung Kelud. Tempat itu tak jarang menjadi kawasan yang rawan terjadi konflik.

Selain itu juga ada kawasan wisata Candi Penataran dan Stadion Gelora Panatatan yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya masyarakat.

4. Polsek Sanankulon

Wilayah Kecamatan Sanankulon berbatasan langsung dengan wilayah Kota Blitar. Kecamatan ini juga berbatasan langsung dengan Kali Brantas.

5. Polsek Udanawu

Kecamatan Udanawu berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri. Bahkan wilayahnya dilewati jalur utama provinsi.

Tentu dengan hal tersebut, harus ada perhatian lebih dari aparat kepolisian untuk memberikan pengayoman kepada masyarakat.

6. Polsek Wonodadi

Kecamatan Wonadadi merupakan satu-satunya kecamatan di wilayah hukum Polres Blitar Kota yang berbatasan dengan dua wilayah sekaligus, yakni Kabupaten Kediri dan Tulungagung.
Lebih baru Lebih lama

Ikuti Kami

Magspot Blogger Template

نموذج الاتصال