Tugu Macan, Penunjuk Jalan di Blitar Selatan

Tugu Macan Putih. (foto: Bicara Blitar)
Bicara Blitar--Siapa warga Blitar yang tidak mengetahui Tugu Macan. Pasti saat teman-teman sering mengunjungi pantai selatan tempat ini tidak asing. Apalagi bagi warga yang mempunyai rumah di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Betul, karena lokasi Tugu Macan berada di Desa Wonotirto, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Pastinya masyarakat setempat sangat familiar dengan tempat tersebut.

Tugu yang didominasi warna putih itu menjadi persimpangan masyarakat yang lalu lalang dari sejumlah penjuru di Kabupaten Blitar. Adanya tugu itu menjadi penanda lokasi atau bahasanya ancer-ancer.

Tak jarang tempat itu menjadi penanda ketika banyak orang yang menanyakan arah. Alasannya satu: mudah dihafalkan.

Saat bulan Ramadhan tiba tugu itu juga membawa berkah tersendiri. Bakal banyak ditemukan masyarakat yang membagikan takjil secara gratis di persimpangan tugu tersebut.
Tugu Macan Putih yang sering dijadikan penunjuk jalan oleh masyarakat. (foto: Bicara Blitar)
Tugu Macan mempertemukan tiga jalan penghubung. Dari arah timur berasal dari Desa Ngeni ataupun Desa Ngadipuro. Arah Selatan menuju Pantai Tambakrejo ataupun Perempatan Gawang.

Sementara dari arah utara berasal dari Kecamatan Sutojayan ataupun Kecamatan Kademangan.

Belum diketahui asal muasal maupun muatan sejarah yang dimiliki tugu itu. Tapi yang jelas Tugu Macan sudah memiliki banyak manfaat untuk masyarakat.
Lebih baru Lebih lama

Ikuti Kami

Magspot Blogger Template

نموذج الاتصال